5 Fakta Iptu Rochmat Tri Marwoto Meninggal Dunia, Polisi dengan 92 Anak Asuh -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

5 Fakta Iptu Rochmat Tri Marwoto Meninggal Dunia, Polisi dengan 92 Anak Asuh

Saturday, February 11, 2023 | February 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-11T13:43:51Z

Iptu Rochmat Tri Marwoto meninggal dunia. Semasa hidupnya, Iptu Rochmat dikenal dengan kepeduliannya terhadap anak yatim dan terlantar. Bersama istrinya, dia merawat total 92 anak asuh.

Berikut sejumlah fakta Iptu Rochmat Marwoto:

1. Meninggal Dunia di Tanah Kelahiran

Rochmat meninggal dunia pada Rabu 8 Februari 2023. Rochmat mengembuskan napas terakhirnya di RS Paru Dungus Madiun. Dia meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak kandung.

Iptu Rochmat lahir pada 27 Juni 1977 di Kota Madiun.

2. Viral Berkat Aksi Sosial

Rochmat sempat viral pada tahun 2017 karena aksi sosialnya yang luar biasa. Bagaimana tidak, Rochmat total sudah mengasuh 92 anak semasa hidupnya.

Saat berita itu viral, Rochmat bertugas sebagai anggota Brimob Detasemen C Pelopor. Sementara jabatan terakhirnya adalah Kanit Reskrim Polsek Wungu, Polres Madiun, Iptu Rochmat Tri Marwoto.

Tak hanya itu, Rochmat juga pernah bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian PBB di Afrika Tengah.

3. Awal Mula Mengasuh Anak

Rochmat dalam sejumlah wawancaranya mengatakan, keinginannya membantu anak-anak kurang beruntung seperti anak yatim hingga anak pecandu narkoba tak lepas dari perjuangan beratnya saat menempuh pendidikan.

Saat belajar di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia di Jakarta, dia harus nyambi menjadi tukang ojek untuk memenuhi kebutuhannya. Dari sanalah dia tergugah untuk membantu anak-anak kurang beruntung untuk bisa bersekolah.

4. Sekolahkan Anak Asuh

Rochmat berusaha memenuhi keinginan anak asuhnya untuk bersekolah bahkan hingga perguruan tinggi. Perjuangannya tak sia-sia, anak asuhnya ada yang menjadi guru, pegawai bank hingga polisi seperti dirinya.

5. Terima Sejumlah Penghargaan

Perjuangan Rochmat membuatnya mendapat berbagai penghargaan, salah satunya dari Kapolda Jatim kala itu, Irjen Machfud Arifin. Rochmat juga diundang dalam sejumlah program acara untuk berbagi kisah inspiratifnya.

Sumber: okezone
Foto: Iptu Rochmat Tri Marwoto meninggal dunia. (Foto: Dok Ist)

Iklan

×
Berita Terbaru Update
close