Demokrat Gabung Koalisi Prabowo? Pakar Wanti-Wanti: Asal Nggak Tawarkan AHY Jadi Cawapres -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Demokrat Gabung Koalisi Prabowo? Pakar Wanti-Wanti: Asal Nggak Tawarkan AHY Jadi Cawapres

Monday, September 18, 2023 | September 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-18T09:52:56Z

Pakar Komunikasi Politik UPI, Karim Suryadi, menyoroti momen ketika Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi kediaman Prabowo Subianto di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Bogor pada Minggu (17/9/2023).

Ia menilai jika Partai Demokrat akan segera bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung Prabowo sebagai calon presiden yang maju di Pilpres 2024.

"Menurut saya ini sebuah tanda, sebuah kode yang sangat jelas, terang benderang bahwa memang Demokrat akan berada di koalisi ini dan bukan sekadar mendukung koalisi ini," tutur Karim dikutip dari tayangan kanal YouTube KOMPASTV pada Senin (18/9/2023). 

Karim lantas membandingkan sikap Demokrat pada 2014 silam, yang mana saat itu SBY hanya memberikan dukungan kepada Prabowo tanpa masuk ke koalisi.

"Partai ini punya pengalaman saling mendukung. Selain masuk ke dalam koalisi, bisa juga hanya mendukung seperti dalam Pemilu 2014, dia mendukung koalisi Prabowo tapi tidak menjadi anggota koalisi," ujar Karim.

"Untuk Pemilu 2024 ini Demokrat akan tegas, kali ini masuk menjadi anggota koalisi," sambungnya.

Atas sikap yang diambil oleh Demokrat, Karim turut mempertanyakan apakah kali ini SBY tetap memasang target agar AHY dijadikan bakal calon wakil presiden.

Lebih lanjut, Karim juga mewanti-wanti agar SBY tak memasang target menjadikan putranya sebagai bacawapres saat bergabung ke koalisi Prabowo.

"Kalau sekadar ingin menjadi anggota koalisi menurut saya ke kubu manapun tidak akan susah. Yang agak susah ketika dia memasang target menawarkan ketua umumnya menjadi calon wakil presiden. Ini akan agak susah," terangnya.

Sumber: suara
Foto: SBY, AHY, bertemu KIM di kediaman Prabowo (Instagram/prabowo)

Iklan

×
Berita Terbaru Update
close