Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Prabowo Disebut Tunjukkan Sifat Asli Antikritik -->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengumpat ‘Ndasmu Etik’, Prabowo Disebut Tunjukkan Sifat Asli Antikritik

Sunday, December 17, 2023 | December 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-17T14:58:25Z

Pakar komunikasi politik Ari Junaedi menilai ucapan Prabowo, yang mengeluarkan umpatan ‘ndasmu etik’ di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerindra, menunjukan sifat asli Prabowo yang antikritik. Ia juga menilai, pola komunikasi yang terbangun di otak Prabowo dan persepsi ucapan Prabowo tidak singkron.

“Pernyataan-pernyataan Prabowo baik dalam forum debat maupun dalam forum resmi dan internal partai semakin menunjukkan adanya ketidaksingkronan pola komunikasi yang terbangun di otaknya dengan persepsi ucapannya,” kata Ari, Minggu (17/12/2023).

Direktur Nusakom Pratama Institute itu menyebut, dalam psikologi komunikasi kondisi seperti Prabowo sangat tidak layak untuk dijadikan pemimpin karena ketidakmampuan olah verbalnya.

“Pelarian dari jawaban yang harus diberikan dalam debat dengan berjoget dan mencibir serta emosinal yang tidak tertahankan, sudah lebih dari cukup dari indikasi dari ketidakberesan pengolahan verbal dan non-verbal,” ucap Ari dilansir Fajar.

Sebelumnya, Prabowo kembali menjadi perbincangan usai menyinggung soal pelanggaran etik yang disebutkan terhadap Cawapresnya, Gibran Rakabuming. Kata ndasmu etik (etik kepalamu) yang yang diucapkan Prabowo dinilai terkesan kasar. Cuplikan video saat Prabowo mengucapkan kata tersebut beredar di aplikasi X.

Dalam video itu, Prabowo terlihat tertawa sangat riang ketika mengatakan kata kasar itu di hadapan para pendukungnya.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo? Soal etik, etik, etik, ndasmu etik,” kata Prabowo dalam potongan video itu.

Diketahui, ketegangan terjadi ketika Anies menanyakan soal putusan 90 Anwar Usman dan MKMK soal pelanggaran etik MK. Emosi Prabowo terlihat di depan publik.

“Kita ini bukan anak kecil Mas Anies. Anda juga paham, sudah lah,” kata Prabowo dalam debat tersebut.

Dijelaskan Prabowo, saat ini rakyat bebas memberikan penilaian atas apa yang dia lihat selama proses menjelang peristiwa Pilpres.

“Sekarang gini, intinya rakyat yang putuskan yang menilai, kalau rakyat tidak suka Prabowo-Gibran tidak usah pilih kami,” Prabowo menuturkan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga mengaku tidak khawatir jika nantinya gagal menang dan tidak memiliki jabatan.

“Saya tidak takut tidak punya jabatan Mas Anies, sorry ya, sorry ya,” timpalnya.

Mendengar jawaban itu, Anies hanya tampak senyum.

Sumber: sumbar
Foto: 

Iklan

×
Berita Terbaru Update
close